Jujur, Berani? Hebat!

Rupa-rupanya sekali telah melangkahkan kaki di gelanggang korupsi, orang tak ada melihat jalan kembali.”(Pramoedya Ananta Toer)

Aneh namun nyata, kepemimpinan anak muda yang bertahta di partai politik dan pemerintahan malah membuat runyam situasi. Ternyata, idealitas usia muda tidak lagi menjadi tameng perbuatan koruptif. Sikap jujur seakan hanya milik para superhero. Sulitkah bagi kita untuk berlaku jujur dan mengedepankan moral?

Apalah arti penanganan kasus korupsi tanpa aktivitas pencegahan yang dirancang baik dan tersistem. Pencegahan berdampak dalam dua sisi yang saling menguatkan satu sama lain. Pertama, pencegahan dari sisi niat yang muncul dari dalam hati; dan kedua, kesempatan yang tercipta untuk melakukan perbuatan korupsi.

Niat dapat dicegah dengan mengetatkan nilai dan norma di masyarakat, serta menegaskan sanksi hukum positif. Saya apresiasi langkah Mendagri yang membuat keputusan menteri terkait promosi pengangkatan pejabat pemerintahan yang pernah ditahan dalam kasus korupsi

Kesempatan dapat dicegah dengan memperbaiki sistem yang ada. Sebisa mungkin, celah itu ditutup dengan rapat. Kita tau ada yang salah, makanya diperbaiki. Selain itu, dibuat pula MoU pencegahan kasus korupsi disetiap lembaga negara dan departemen dengan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ayo Jujur pada diri sendiri, dengan Berani berbuat benar, maka Anda akan menjadi orang Hebat! Salam penuh takzim untuk pemuda Indonesia.

Ketua KPK (Andai saja…)

***
postingan ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Blog “Andai Aku Menjadi Ketua KPK “ yang diselenggarakan Tempo.co

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s