Kolaborasi Meruwat dan Merawat Indonesia*

Posted: May 19, 2013 in Catatan Harian
Tags: , ,
Gambar

Kolaborasi: “kita bisa” wujudkan Indonesia yang lebih baik

*catatan ini dibuat dalam rangka testimoni kegiatan FIM (Forum Indonesia Muda) 14 yang dilaksanakan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur pada 2 – 5 Mei 2013.

Menjadi Indonesia adalah menjadi manusia Indonesia yang bersiap memperbaiki keadaan, tetapi bersiap pula untuk melihat bahwa perbaikan itu tidak akan pernah sempurna dan ikhtiar itu tidak akan pernah selesai
–Goenawan Mohamad: Surat dari dan Untuk Pemimpin-

Bagaimanapun juga, inilah kegiatan yang mengingatkan saya tentang kondisi Indonesia. Kami diajarkan, bagaimana cara peduli dengan Indonesia. Sebuah negeri yang geladaknya tak urung senantiasa diterpa-terjang badai masalah. FIM (Forum Indonesia Muda) 14 membuat saya terkejut dan sadar. Indonesia butuh pemimpin berkarakter yang dapat menyatukan Indonesia dibawah ruwatan semua elemen, khususnya para pemuda.

Sebab, sampai kapanpun negara ini tidak akan pernah baik bilamana karakter pribadi pemimpinnya lemah, unsur pemersatu dalam dirinya masih bersifat dan berkisar hal-hal yang partikular (sempit), serta tidak punya visi membangun Indonesia yang lebih baik dari hari ini.

Meruwat Indonesia adalah sebuah ikhtiar membangun kemanusiaan Indonesia sekaligus memaknai ke-bhinneka-an Indonesia yang terserak dari penjuru khatulistiwa. Idealnya, ide tersebut terbentuk dari dikreasikannya limpahan potensi yang dimiliki anak-anak muda Indonesia. Lantas, ide tersebut kemudian diupayakan mewujud menjadi upaya nyata yang pada akhirnya akan menuntaskan permasalahan bangsa.

Saya tidak ingin berspekulasi. Jika tidak ada FIM 14 dengan tema “Kolaborasi Karya Untuk Negeri”, entahlah saya tidak tahu apakah pernah ada ide “Ngamen-Music Streaming”, Babotik (Bank Botol Plastik), I-dialogue.com, FIMS (Fundraising Indonesia Muda Scholarship), Law Comic for Beginners yang tercipta dari kolaborasi 120-an mahasiswa dari seluruh Indonesia? Jelas, sebuah perubahan besar dimulai dari sini!!!

Dalam Forum Indonesia Muda-lah, saya menemukan saudara se-Indonesia dalam atmosfer yang dipenuhi optimisme kehidupan berbangsa. Kami pemuda. Kami mahasiswa. Inilah momennya. Kali ini, kami tidak dipertemukan dalam sebuah event ataupun kompetisi yang mementingkan kognisi, namun kami dileburkan untuk berkolaborasi membangun karakter manusia Indonesia, sekaligus menciptakan life skills pribadi dan komunitas.

Sekali lagi, Indonesia butuh para kreator yang diinisiasi oleh para pemuda dan mahasiswa. Tidak mudah untuk membentuk  mereka sebagai individu yang berkarakter unggul. Karakter itu diciptakan, diusahakan, dibina, dilatih, dan di-“paksa”-kan lewat internalisasi nilai-nilai yang mengakar kuat pada budaya lokal Indonesia, termasuk tujuh pilar FIM yang bernuansa universal.

Sehingga, pertemuan kami di FIM 14 adalah dalam rangka: bersatu padu, menciptakan persaudaraan, dan menggaungkan spirit kolaborasi. Selama tiga hari, kolaborasi itu dirancang, lalu dibahas bersama-sama demi menciptakan Indonesia yang lebih baik. Sebab, kesuksesan negara adalah akumulasi kesuksesan individu di dalamnya.

FIM, bagi saya adalah titik tolak untuk berkarya merawat Indonesia.
Salam banjur!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s