Ruang Belajar: Menghafal Rumus Lewat Puzzle Segitiga

Posted: April 23, 2016 in Artikel, Ruang Belajar
Tags: , , , ,
DSC08804
Abstraksi

‘Puzzle Segitiga’ ini merupakan salah satu bentuk kreatif dalam upaya menghafalkan,dan mendiktekan rumus utama Skala, Kecepatan, dan Debit beserta rumus turunannya kepada peserta didik.

Segitiga dibagi ke dalam tiga potongan yang masing-masing merupakan unsur pembentuk ketiga rumus tersebut. Hanya dengan melihat puzzle, peserta didik dapat pula mengetahui operasi hitungnya. Dengan menggunakan puzzle ini, peserta didik mampu menghafal rumus utama dan rumus turunan sekaligus.

Tulisan ini merupakan hasil pendidik dalam menerapkan ‘Puzzle Segitiga’ di SD YPK Pikpik, Kramongmongga, Fakfak.

Latar Belakang

Dalam pengayaan mata pelajaran Matematika untuk Ujian Sekolah bagi Kelas VI, pendidik menyaksikan bahwa peserta didik dapat menghafal ketiga rumus utama ‘Skala’, ‘Debit’ , dan ‘Kecepatan’ dengan lancar. Akan tetapi, peserta didik masih sering keliru dalam menerapkan penyelesaian soal yang melibatkan rumus turunan.

Salah satu penyebabnya ialah peserta didik belum memahami dan menghafalkan secara benar rumus turunan tersebut. Sehingga, pendidik merasa perlu membiasakan peserta didik dengan rumus turunan melalui ‘Puzzle Segitiga’.

Teori atau Penjelasan Materi

Skala merupakan perbandingan antara jarak pada peta atau denah dengan jarak pada kondisi sebenarnya. Bila dilambangkan, maka rumus Skala dan turunannya adalah sebagai berikut:

  • Skala:                         S = { JP : JS }
  • Jarak Pada Peta:          JP = { S x JS }
  • Jarak Sebenarnya:        JS = { JP : S }

Kecepatan adalah hasil bagi antara jarak yang ditempuh dengan waktu tempuh. Bila dilambangkan, maka rumus Kecepatan dan turunannya adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan:                    K = { J : W }
  • Jarak:                           J = {K x W }
  • Waktu:                        W = { J : K }

 

Debit adalah hasil bagi antara volume yang diterima dengan waktu yang dibutuhkan. Bila dilambangkan, maka rumus Debit dan turunannya adalah sebagai berikut:

  • Debit:                          D = { V : W }
  • Volume:                      V = {D x W }
  • Waktu:                        W = { V : D }

 

Metode
Alat dan Bahan
  1. Karton manila
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Spidol ukuran besar.
Persiapan
  1. Pendidik membuat 3 buah segitiga sama sisi dari karton manila dengan panjang sisi 15 cm.
  2. Pendidik membuat garis horizontal dari tengah sisi kanan menuju sisi kiri yang akan memotong segitiga menjadi dua bagian. Garis Horizontal ini merupakan Operasi “Bagi”.
  3. Lalu pendidik menarik garis vertikal yang dimulai dari titik tengah Garis Horizontal tersebut hingga alas segitiga menjadi dua bagian sama panjang. Garis Vertikal ini merupakan Operasi “Kali”.
  4. Bagian kiri bawah dituliskan rumus utama, “Debit atau D”, “Kecepatan atau K”, dan “Skala atau K”
  5. Bagian kanan bawah dituliskan “Waktu atau W”, “Waktu tempuh atau W”, dan “Jarak sebenarnya atau JS”
  6. Bagian kepala segitiga dituliskan “Volume atau V”, “Jarak atau J”, dan Jarak pada peta atau JP”
Penerapan Metode
  1. Pendidik beserta peserta didik bersama-sama memotong unsur-unsur rumus dalam segitiga dengan mengikuti garis yang telah dibuat.
  2. Pendidik meminta kesediaan 3 peserta didik ke depan kelas untuk memegang masing-masing potongan unsur-unsur rumus dalam keadaan tetap berbentuk segitiga.
  3. Pendidik menginstruksikan satu persatu peserta didik agar melepaskan pegangannya.
  4. Setiap kali seorang peserta didik melepaskan unsur rumus tersebut, pendidik mulai menjelaskan rumus turunan.

 

This slideshow requires JavaScript.

Pembelajaran yang didapat diambil
  1. Peserta didik mampu menghafalkan rumus ‘Skala Debit Kecepatan’ dengan cara yang mudah dihafalkan.
  2. Agar peserta didik lebih paham, pendidik dapat menyelipkan soal-soal tantangan di balik potongan unsur-unsur rumus tersebut.
Referensi

Modul Materi Pelatihan TutorMatematika. Bimbingan BelajarJILC (Jakarta Intensive Learning Centre). Makassar,2009

*Postingan ini merupakan tulisan yang tidak sempat dimuat dalam Ruang Belajar, sebuah portal berbagi yang dikelola oleh Indonesia Mengajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s