Ruang Belajar: Metode Tabel Untuk FPB dan KPK

DSC08284

 

Abstraksi

‘Metode Tabel’ merupakan metode yang dapat digunakan peserta didik untuk menemukan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Metode ini dapat mencari FPB dan KPK dari tiga bilangan dengan cepat. Secara umum konsep dalam metode ini mirip dengan ‘Metode Pohon Faktor’ yang dibuat menjadi ringkas dalam sebuah tabel pembagian.

Setelah menggunakan metode ini, peserta didik semakin percaya diri dan tidak lagi merasa bahwa FPB dan KPK adalah soal yang membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan.

Hasil tulisan ini adalah pengalaman pendidik menerapkan ‘Metode Tabel’ di SD YPK Pikpik, Distrik Kramongmongga, Fakfak.

Latar Belakang

Di kelas pengayaan bagi Kelas VI, peserta didik mampu mengerjakan soal-soal FPB dan KPK yang diberikan dengan tepat dan akurat. Pendidik memerhatikan bahwa peserta didik sebenarnya dapat mengefektifkan waktu pengerjaan soal dengan mempelajari alternatif penyelesaian soal FPB dan KPK, yakni melalui Metode Tabel.

Metode ini memiliki penyelesaian yang cukup cepat dalam hal waktu pengerjaan. Sebab peserta didik dapat dengan segera mengelompokkan faktor-faktor yang merupakan FPB maupun KPK. Sehingga diharapkan, peserta didik mampu mengerjakan soal-soal Ujian Sekolah dan Ujian Nasional dengan ras percaya diri.

Metode
  1. Bagi semua bilangan dengan bilangan prima yang sama. Bilangan prima kurang dari 20 ialah 2, 3, 5, 7, 11, 13, dan 17 (Jika semua bilangan tidak bisa dibagi dengan 2, maka diganti dengan 3, dan seterusnya)
  2. Lakukan langkah di atas hingga semua bilangan tidak bisa lagi dibagi dengan bilangan prima yang sama. Hentikan operasinya, lalu kalikan semua pembaginya. Hasil perkalian itulah yang merupakan FPB.

DSC08721

  1. Lanjutkan lagi proses tersebut hingga hasil pembagian semuanya berisi angka 1. Kemudian kalikan semua pembaginya. Hasil perkalian itulah yang merupakan KPK
  2. Jika bilangan tidak habis dibagi, tulis kembali bilangan tersebut untuk dilanjutkan sebagai faktor pembagi.

DSC08723

Pembelajaran yang didapat diambil
  1. Peserta didik dapat meringkas waktu pengerjaan soal FPB dan KPK dalam ujian sekolah maupun ujian semester.
  2. Peserta didik dapat menemukan FPB dan KPK lebih dari tiga bilangan.
  3. Agar pengerjaan soal semakin ringkas, peserta didik dapat menggunakan teknik pembagian coret.
Referensi

Surya, Yohanes. 2006. Matematika Itu Asyik Jilid 5A. Armandelta Selaras: Jakarta.

*Postingan ini merupakan tulisan yang tidak sempat dimuat dalam Ruang Belajar, sebuah portal berbagi yang dikelola oleh Indonesia Mengajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s