Ruang Belajar: Peta “Hanya Satu Indonesia”

DSC05491
Abstraksi

‘Hanya Satu Indonesia’ merupakan aktivitas pembelajaran tematik di Kelas III yang mengintegrasikan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Khususnya berturut-turut pada kompetensi peserta didik dalam melakukan kerjasama dan mengenal kekbhinnekaan bangsa Indonesia. Kegiatan ini dimulai dengan menjiplak Peta Indonesia, memberikan warna, memberi nama, lalu kegiatan presentasi dan refleksi oleh siswa.

Dengan aktivitas ini, peserta didik dapat merasakan sendiri pengalaman menggambar 5 pulau besar Indonesia secara bersama-sama, mengenal keragaman masing-masing, serta mendorong peserta didik menyampaikan argumentasi mengenai rasa persatuan.

Tulisan ini merupakan bentuk pengalaman pendidik dalam menerapkan Peta ‘Hanya Satu Indonesia’ di SD YPK Pikpik, Kramongmongga, Fakfak.

Latar Belakang

Secara umum, peserta didik Kelas III di SD YPK Pikpik mempunyai minat yang besar untuk berkarya melalu media gambar. Mereka juga memiliki kemampuan untuk aktif berargumentasi dengan baik dalam pelajaran.

Sehingga dalam tulisan ini, pendidik menggunakan media gambar jiplak untuk menjelaskan mengenai nilai kerjasama, perbedaan, dan rasa persatuan.

Metode
Alat dan Bahan
  1. Kertas buram folio 6 buah
  2. Peta Indonesia
  3. Kertas folio 6 buah
  4. Selotip bening
  5. Spidol berwarna
  6. Krayon
  7. Pulpen dan Pensil
  8. Doupletape
  9. Gunting
Penerapan Metode
  1. Pendidik membagi peserta didik ke dalam 4 atau 5 kelompok dengan setiap kelompok terdiri minimal 3 peserta didik.
  2. Pendidik membagikan enam buah kertas buram folio kepada setiap kelompok
  3. Setiap kelompok maju secara bergiliran menjiplak Peta Indonesia dengan alokasi waktu sekitar 5 menit, khususnya 5 pulau besar yang terdapat di Indonesia.
  4. Setelah selesai, setiap kelompok memberikan 5 warna berbeda pada 5 pulau besar tersebut.
  5. Peserta didik menuliskan nama pulau tersebut sesuai dengan letaknya.

DSC05493

Presentasi dan Refleksi
  1. Pendidik mengumpulkan peserta didik dalam sebuah lingkaran di tengah-tengah kelas.
  2. Setiap kelompok mempresentasikan gambar “Hanya Satu Indonesia” kepada kelompok yang lain.
  3. Setelah itu, pendidik lalu mulai melakukan kegiatan refleksi dan tanya jawab kepada peserta didik. Refleksi ini berupa beberapa pertanyaan kepada setiap peserta didik.
Pertanyaan Refleksi
  1. Apakah gambar peta tersebut akan cepat selesai jika hanya dikerjakan satu orang? Mengapa? (Nilai yang diajarkan: Tujuan Bersama, Kebersamaan dan Kerjasama)
  2. Apakah hasil peta tersebut akan terlihat indah jika tidak diberi warna atau diberi warna tapi cuma satu warna? Mengapa? (Nilai yang diajarkan: Toleransi dan Keragaman Suku serta Budaya)
  3. Menurutmu, apa yang membuat 5 pulau besar yang berbeda warna ini bisa menjadi satu negara dan hidup dengan rukun? (Nilai yang diajarkan: Gotong Royong, dan Persatuan)
Pembelajaran yang didapat diambil
  1. Peserta didik dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya dengan melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan refleksi.
  2. Peserta didik dapat menghafalkan dan mengenal 5 pulau besar di Indonesia dalam bentuk gambar peta.
  3. Pendidik dapat mengembangkan aktivitas ini dengan kreativitas yang lain, dan juga mengembangkan pertanyaan dalam refleksi
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s