how-to-create-a-custom-url-shortener-695x365

blog.dlvrit.com

Istilah keren untuk jenis laman dengan tujuan memendekkan alamat web disebut “URL Shortener.” URL sendiri adalah singkatan dari Uniform Resource Locators. Merupakan serangkaian karakter yang dibuat dengan standar tertentu yang merujuk pada alamat sumber digital seperti gambar atau dokumen di internet.

URL hampir selalu memiliki karakter yang panjang. Bahkan ada yang hingga lima baris ukuran kertas A4. Misalnya:
https://www.tribuntimur.com/international/3000wargaturkimenghilangsetelahkeluardarisuriah.html. Pada keseluruhan bagian yang cukup beribet itu, sebenarnya dikarenakan URL terbagi dalam empat bagian besar: protokol, nama host komputer, domain, dan directory.

Nah, di URL Shortener, ada algoritma dan perintah yang bekerja meringkaskan keempat bagian sesingkat-singkatnya. Supaya jadi lebih ‘ringan’. Output paling singkat, bisa dikatakan memiliki server yang mumpuni dan algoritma yang handal.

Lalu apa sebenarnya maksud dan tujuan mempersingkat link sedemikian rupa sehingga menjadi “kecil” dan “mudah ditangkap mata”?

Sekena-kenanya, ada tiga alasan umum mengapa orang memendekkan URL yang tergenerate secara konvensional. Pertama, untuk mendapatkan penghasilan dari iklan di backlink yang ia sematkan, misalnya untuk download. Setiap klik akan bernilai rupiah.

Kedua untuk menguatkan power dari ‘brand’ yang sedang diciptakan. Misalnya, customize link untuk membuat pelanggan selalu mengingatnya dengan mudah. Atau setidak-tidaknya, ‘URL singkat’ itu bisa digunakan menjaga kerahasiaan dan privacy web asli sebelum mini-URL itu di-klik secara langsung.

Alasan yang tidak bisa kita elakkan saat ini ialah demi efisiensi dan efektivitas suatu postingan ataupun sharing.

Sekarang-sekarang ini, nyaris semua URL yang disebar di media-media sosial dan cetak menggunakan hasil penyingkatan. Mau tidak mau, URL juga harus ikut ‘sadar sosial media’. Harus singkat, jelas, dan lugas.

Sedapat-dapatnya, ada dua manfaat mengecilkan ukuran URL ini. Pertama, untuk mengefektifkan penggunaannya di sosial media, khususnya Twitter yang dibatasi 140 karakter. Sharing link dokumen juga bisa jadi lebih mengasyikkan di Line, WhatsApp, Telegram, Line, Milis, dsb. Tidak membuat mata jerih.

Ada bahkan beberapa hasil URL Shortener yang enak dilihat. Bisa dilihat dalam sekali tatapan mata langsung tanpa berkedip, dengan hitungan sepersekian-sekian detik.

Kenikmatan lain adalah kita bisa membacanya dan menganggap link tersebut sebagai “kata yang penuh arti”. Bukan deretan karakter yang bikin dahi berkenyit Contoh: bit.ly/daftarLPDP. Hasil tersebut setelah kita adakan penyesuaian (kustomisasi). Keren kan, hehe…

Oke, langsung saja. Dari hasil review terbatas di Google, ada sekitar 40 URL SHortener yang tersebar di netizen kelas dunia. Umurnya sudah tua-tua. Hehe.maklum, pemain lama.

Tapi kali ini, saya menyarankan teman-teman menggunakan dan mengintrodusir laman penyingkat URL buatan anak negeri. Rata-rata semuanya dilengkapi dengan menu untuk meng-customize link, statistik user yang mengunjungi, dan menu share ke laman-laman media sosial.

Tips: Untuk menyesuaikan akun sesuai dengan nama file yang kita inginkan, ada baiknya buat akun terlebih dahulu.

Meski demikian, satu hal tidak ada –walaupun ini sebenarnya lumrah- yakni hasil generate berupa QR Code, kalau ada ini, pasti luarannya bakal lebih kece dan oke punya.

Balik lagi, seperti kata seorang om di tivi, “cintailah ploduk-ploduk Indonesia.” Hehe. Daaaan, tentu saja kualitas laman-lama ini juga tidak kalah hebatnya lho. Yuk, mari tengok…

1. http://di.intip.in/

Jika dibaca, kita jadi serasa seperti ngintipin sesuatu. Makanya, situs yang dirancang oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Informasi ITS ini sempat diblokir oleh pihak kampus. Padahal tujuannya jauh dari itu, untuk kepentingan perkuliahan dan senang-senang. Hehe. Setelah dikonfirmasi, maka pelarangannya dicabut.

Eh, situs ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa se-Jawa Timur bahkan mahasiswa Jakarta termasuk UI sudam mulai menjajalnya.

Tagline “We Promise No Shit.” Sudah yakin? Hayuk, dicoba atuh.

screenshot-2016-12-10-14-06-46

2. http://s.id/

Peringatan, “S” ditulis kemudian titik, lalu disusul “ID” di mesin pencari. Kalau tidak, yang muncul malah SID (Superman Is Dead), band Rock Indonesia yang terkenal dari Bali. Hehe. Pada November 2014, pengelola di PANDI ( Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) meluncurkan s.id.

Situs ini tidak tanggung-tanggung, berani mengusung tagline “The World Shortest and Open URL Analytics”. Saya mengakui dengan sungguh-sungguh tanpa keraguan di dalamnya. Bahwa web ini menyajikan URL yang begitu singkat. Paling singkat se-dunia.

Ini bukti bahwa di Indonesia masih banyak orang-orang yang jago IT. Salute.

Tampilan direktorinya selalu memunculkan KOMBINASI TIGA HURUF. Tidak ada URL shortener lain yang mampu menyaingi hal ini. Bagaimanapun panjang karakter alamat web asli, selalu diterjemahkan sesingkat dan sesederhana itu. Contoh: s.id/ani.

screenshot-2016-12-11-09-04-55

screenshot-2016-12-11-09-07-02

3. http://jamur.us/

Situs ini dilaunching pada penghabisan Maret tahun 2011 oleh Dannis Muhammad. Alumnus ITB Bandung dan NUS (National University of Singapore) ini  menghabiskan empat tahun terakhir di perusahaan travel website besar di Indonesia: Traveloka.com.

Dannis tumbuh dan berkembang di perusahaan itu sjeak didirikannya. Dari awal, ia sudah bertanggung jawab atas semua kegiatan marketing, pertumbuhan perusahaan, dan membentuk tim analisis yang cakap.

Yak, mari kita cek karyanya.

screenshot-2016-12-10-19-26-06

4. http://lurus.in/

Katanya, “Lurus is Better”. Hehe. Lurus itu lebih baik. Barangkali urusan meluruskan di sini adalah merapikan supaya nyaman dilihat. Tidak pula tercampur-campur antara karakter yang membingungkan. Suka-suka kita mau diapakan linknya, yang penting di.lurus.in.

Copyright web ini tercatat 2016, dan baru saja sekitar 281 link yang sudah dipendekkan. Apakaha Anda juga tertarik ingin memendekkan barang di sini, hehe, silahkan dicoba.

screenshot-2016-12-10-17-08-48

screenshot-2016-12-10-17-09-48

5. http://lihat.us/

Inilah “Short Url Nya Indonesia” nampak jelas di beranda utama laman ini. Tercatat di domaindir.net, bahwa situs penyingkat ini diluncurkan pada Januari 2012 oleh Yasirli Amri.

screenshot-2016-12-10-19-38-59

Nah, barangkali cukup sekian.
Mari kita mulai mencoba URL Shortener rasa Indonesia.

Salam.

Advertisements
Comments
  1. […] 5 Penyingkat Link Buatan Indonesia Terpopuler […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s