Komunitas Blogger Kampus: Merancang Aktivitas 2017

Posted: December 28, 2016 in Artikel, Blogger Kampus, Reportase
Tags: , ,

Malam yang sejuk itu, telah diputuskan nama-nama para pengurus, yang akan mengurusi kegiatan-kegiatan di Komunitas Blogger Kampus sepanjang 2017. Siapa-siapa mereka dan apa yang akan mereka lakukan?

Setelah vakum nyaris setahun, Komunitas Blogger Kampus kembali menggaungkan aktivismenya. Lewat sebuah kopdar di Coffee Place bilangan jalan Bau Mangga pada 23 Desember 2016 kemarin yang kami namakan: Konspirasi.

Weits, konspirasi men. Terlalu cangih mungkin yak? Ya, ini memang sebuah konspirasi (baca: persekongkolan) beberapa orang. Mereka berkumpul dan melaksanakan persekutuan dan pemufakatan baik (bahasa apa pulak) demi keberlanjutan sesuatu yang baik pula. Hehe.

Sekitar sepuluh anak muda menggencarkan kembali semangat berkabar ala warga dan bercerita apa saja melalui wadah blog pribadi, dan tentunya blog komunitas. Kata konspirasi ini digunakan untuk menegaskan, bahwa mereka ingin menunjukkan pertemuan ini memang sesuatu yang serius sekaligus ambisius.

Seminimal-minimalnya, pemufakatan ini diselenggarakan untuk membangung kembali dan merawat tiga hal, yang setahun sebelumnya pernah mereka alami dan rasakan:

  1. melanjutkan pertemanan sehat
  2. membanyakkan komunitas-komunitas positif di Makassar dan ikut serta bergabung dalam setiap interaksi positif
  3. menularkan dan menyemarakkan semangat blogging dan jurnalisme warga (citizen journalism) di kalangan muda dan masyarakat.

Medium bersama: bloggerkampus.org

Ada sebuah platform yang kita gadang-gadang akan menjadi tempat bertemunya ide, gagasan, laporan, tulisan, dan semua karya dari para blogger: www.bloggerkampus.org. Hingga saat ini, medium bersama ini masih bergantung pada penyelesaian masalah yang sesegera mungkin.

Kita harapkan laman itu bisa menjadi sebuah media warga dari sivitas akademik maupun siapa-siapa saja yang banyak bersinggungan di dalamnya.

Nah, kalau Kompas punya Kompasiana.com. Mungkin media Komunitas Blogger Kampus ini kita sebut saja –biar lebih akrab- sebagai “Kampusiana”, dan orang-orang yang terhimpun di dalamnya kita juluki sebagai “Kampusianer.”

Semoga tidak menjadi latah dengan nama media warga yang besar itu. hehe.

Apapun itu, intinya, gerakan ini, dan semua bentuk literacy campaign yang akan digalakkan, kita harapkan bisa terus bergulir idenya. Lalu sama-sama bergerak dalam suasana yang menyenangkan dan membahagiakan semua orang yang akan menikmatinya.

Sebagai keputusan, pada pertemaun offline sore hingga jelang larut malam itu, disepakati kembali siapa dan apa.

Siapa yang akan kembali menggairahkan kehidupan berkomunitas di Blogger Kampus dan apa-apa saja yang ingin dilakukan pada sepanjang 2017 yang sebentar lagi tiba.  Inilah susunan para pengurus sementara Komunitas Blogger Kampus yang terpilih:

Ketua: Akhmad Saputra Syarif
Social Media Content Writer: Andi Mawaddah Hamzah
Creative Project Manager: Rara Rahmawati
Web Developer: Tismi Dipalaya dan Wahyuni

Pada malam itu juga, untuk sementara waktu, ada tiga kegiatan yang menjadi poros komunitas ini ke depannya

1. Traveling, Sharing, dan Writing
Agenda ini mengombinasikan kegiatan traveling, kemudian berbagi pengetahuan menulis pada masyarakat lokal atau anak-anak, lalu mulai menulis secara bersamaan dengan sudut pandang masing-masing.

2. Sharing Session
Diskusi ini dijalankan rutin maksimal sebulan sekali dengan memunculkan isu-isu aktual seputar aktivisme blogging, kepenulisan, dan hingga tema kontemporer untuk dibincangkan bersama narasumber, anggota komunitas, dan masyarakat umum.

3. Kelas Menulis
Kegiatan ini merupakan pelatihan (teori dan praktik) me-ngeblog secara intensif dan kontinyu untuk menceta para blogger-blogger baru dan pemula.

4. Blogger Kampus Goes to Community
Kegiatan yang memberikan sesi blogging dan menulis di kampus, sekolah, dan komunitas-komunitas di kalangan pemuda atau masyarakat umum.

5. Gathering Blogger Kampus
Kegiatan yang diadakan sekali setahun untuk menjalin relasi, memperkuat jalinan pertemanan dikalangan blogger kampus, dan menguatkan konektivitas kegiatan literasi.

Untuk bergabung, silahkan buka tautan berikut, atau boleh langsung menghubungi Putra (089652114428) dan Rara (085696953400). Untuk undangan dan keperluan surat menyurat, silahkan email ke bloggerkampus.id@gmail.com

untitled

Untuk informasi terkini, dan mengikuti berbagai kegiatan di sepanjang 2017, silahkan email mengikuti sosial media:

untitled2

Semoga tahun mendatang, akan banyak lahir talenta-talenta muda yang selalu berkabar dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi banyak orang, khususnya lewat media blog.

Salam.

***Foto: dok.Komunitas Blogger Kampus***

Advertisements
Comments
  1. Tari Artika says:

    wiiih.. selamat berkiprah kembali.

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s