Jika Begini Maka Begitu (Aplikasi IFTTT)

Posted: January 9, 2017 in Artikel, Blogger Kampus
Tags: , , ,

 

 

screenshot-2017-01-10-13-03-49

slideshare.net

Iseng, malam-malam kemarin, karena didorong rasa penasaran berlebih, saya mencoba sebuah aplikasi. Namanya IFTTT, singkatan dari If This Then That. (Kapanpun) jika terjadi begini, maka (otomatis saat itu juga) akan terjadi begitu.

App ini memungkinkan bila suatu program berjalan (JIKA BEGINI), maka akan ada reaksi yang muncul (MAKA BEGITU). Salah satu contoh menarik dari applet yang ditawarkan, “jika ada inbox email melampirkan attachment, maka otomatis file akan diterbitkan di Dropbox”. Tidak perlu susah-susah lagi bukan?

Misalnya lagi seperti ini. Saya ingin agar setiap kali memunculkan tulisan baru di blog, maka  sesegera mungkin, rilis postingan muncul secara bersamaan di beberapa akun sosial media.

Nah, caranya saya harus membuat atau memilih applet baru di ifttt.com. Applet adalah rangkaian perintah untuk menghubungkan “Begini” dan “Begitu”. Sebenarnya sudah banyak sekali applet yang disajikan. Banyak yang keren-keren. Tinggal di-klik dan dipilih yang mana yang kita inginkan.

Pertama-tama, saya harus memikirkan inputannya “Begini”, yang tak lain adalah RSS Feed blog. Kemudian, tahap selanjutnya, saya melanjutkan dengan memilih sejumlah alternatif aplikasi yang akan berjalan untuk reaksi “Begitu”. Contoh, saya ingin sebuah cuitan  di twitter jika ada post baru di WordPress. Jadinya, di akhir, akan ada box seperti ini:

screenshot-2017-01-10-12-42-20

Oke, itu untuk penggunaan personal.

Semalam, saya mencoba agar semua postingan blog terbaru dari teman-teman Komunitas Blogger Kampus segera langsung dirilis di akun twitter: @bloggerkampus (Blogger Kampus).

Mula-mula, saya mengumpulkan RSS Feed dari 12 blog teman-teman di Blogger Kampus (Ma’ruf M Nur, Wahyuddin Opu, Atrasina Adlina, Pratiwi Hamdhana, Ainun Najib Al-Fatih, Soma Salim S, Wahyuni, Rakhmawati, Akhmad Saputra Syarif, Nur Rahma S, Andi Mawaddah Hamzah). Saya gabungkan di sebuah laman RSS Agregator: rssmix.com. Setelah proses pencarian RSS Feed selesai semua, saya lalu kopi paste ke box yang disediakan, dan setelah itu: Create.

Holaaaa, muncullah satu link RSS Gabungan: http://www.rssmix.com/u/8220167/rss.xml

screenshot-2017-01-09-22-48-45

Dari blog kak Masyhur Hilmy, twitterfeed.com seharusnya jadi aplikasi paling bagus (meski kelemahannya harus di-input satu persatu setiap akun). Sayang seribu sayang, ketika masuk semalam, sebuah box kuning muncul dengan isi mengecewakan. Bahwa laman ini sudah tutup sejak 31 Oktober 2016. Belum shut sepenuhnya, tapi saya tidak ingin ambil resiko menyimpan RSS Feed di sana, walau sekedar keperluan nge-test.

Twitterfeed.com menyarankan dlvr.it sebagai gantinya, tapi tidak. Sori. Biaya terlalu mahal. Sekitar $102 per tahun. Terus, untuk versi gratisan, hanya 5 gabungan RSS Feed yang diperbolehkan. Lebih dari itu, maka tautan RSS Gabungan akan ditolak karena dianggap memiliki karakter yang panjang.

Lalu, tidak ada jalan lain, saya beralih ke Ifttt.com. Link umpan gabungan saya kopi ke bagian trigger (pemicu) setelah memilih RSS sebagai “THIS”. Prosesnya begitu simpel kok. Setelah beberapa kali klik alternatif setting-an, yang terakhir adalah memilih Twitter sebagai “THAT”. Sampai di sini, proses sudah selesai: Finish.

screenshot-2017-01-09-22-47-27

Percobaan saya menghasilkan seperti ini. Saya posting sekitar jam 12 tadi malam, lalu sejam kemudian, muncul cuitan perdana versi Ifttt.com:

screenshot-2017-01-10-07-53-09Saya sih masih belum puas, karen belum terintegrasi dengan akun twitter si penulis blog. Hehe. Sehingga, mereka tidak bisa ngecek langsung jika ada mention dari @bloggerkampus. Nanti saya sempurnakan lagi deh.

Bagaimanapun juga, integrasi ini akan punya banyak manfaat ke depan. Prediksi saya begitu. Semoga saja.

Pertama, kicauan twitter @bloggerkampus menjadi lebih bervariasi dan meriah karena ramai postingan (asumsinya, teman-teman rajin menulis), dan oleh karena itu, semoga follower-nya semakin bertambah. Hehe.

Kedua, memudahkan teman-teman saling mengunjungi blog masing-masing (blogwalking), saling memberikan komentar dan saran-saran tokcer mengenai menulis dan blogging, dan yakin saya, wawasan juga akan bertambah.

Ketiga, dengan postingan yang segera diketahui, maka teman-teman bebas me-ngepost (berbagi) apa saja, termasuk link-link kegiatan workshop, seminar, scholarship, atau segala sesuatu yang menarik untuk dibaca dan dikeroyok bareng-bareng.

Keempat, terakhir, teman-teman di Blogger Kampus selalu bisa mengetahui kabar masing-masing, menengok cerita-cerita mereka tentang dunia, dan tentu saja, silaturrahim selalu terjaga. Kenapa begitu? Karena kita selalu berkabar dan mengabarkan.

Oke, untuk RSS Feed gelombang selanjutnya, nanti akan saya tambahkan lagi bagi teman-teman yang belum. Sampai di sini saja yak, soalnya saya belum mandi. hehe.

Selamat malam, dan selamat mencoba bagi teman-teman yang tertarik.
Salam.

Leave a Reply

